Rabu, 27 Februari 2019

Manfaat & Tips Melakukan Pemeriksaan Ketika Umroh Saat Hamil

Umroh Saat Hamil, Amankah?

Berbeda dengan haji, syarat dan rukun umroh sedikit berbeda. Bahkan waktu melaksanakan umroh juga lebih fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja. Tidak seperti haji yang hanya bisa dilaksanakan pada saat tertentu saja. Hal ini jugalah yang membuat ibadah haji kurang aman untuk wanita hamil.

Sedangkan untuk umroh masih ada memungkinkan selama keadaan wanita hamil tersebut masih memungkinkan. Apalagi untuk wanita hamil dari negara yang jauh dari Mekkah dan mengharuskan menggunakan transportasi udara seperti dari Indonesia misalnya. Tidak semua ibu hamil diizinkan untuk melakukan perjalanan udara.

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu syarat menjalankan haji dan umroh adalah mampu. Untuk wanita hamil yang sedang dalam keadaan lemah tentu saja tidak memenuhi syarat tersebut.

Umroh saat hamil memang tidak dilarang. Namun, sebelum melaksanakan ibadah umroh sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keadaan ibu dan bayi yang ada dalam kandungannya.

Kandungan setiap ibu hamil berbeda-beda, oleh karena itu diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan ibadah umroh. Jika memang keadaannya memungkinkan untuk melakukan umroh, maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk ibu hamil.

Tips Umroh Untuk Ibu Hamil

Umroh saat hamil


Tips pertama yang sudah dijelaskan di atas yaitu melakukan pemeriksaan ke dokter. Tips yang satu ini sangat penting untuk dilakukan karena memastikan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan merupakan hal yang sangat penting.

Tips kedua adalah memastikan agen travel yang anda gunakan dapat dipercaya dan memberikan layanan yang maksimal. Hal ini juga tidak kalah penting, karena bagaimanapun melaksanakan umroh tidak cukup hanya satu hari. Ada banyak hal yang dibutuhkan saat melaksanakan ibadah umroh.

Tips selanjutnya adalah jangan pergi umroh seorang diri. Sebaiknya pergilah umroh dengan orang terdekat. Selain itu, anda juga harus menyiapkan berbagai dokumen seperti fotokopi rekam medis dari dokter kandungan anda.

Tips berikutnya tentu saja istirahat yang banyak. Bagaimanapun tubuh ibu hamil yang akan jauh lebih mudah lelah, sehingga sangat disarankan untuk beristirahat lebih banyak agar kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya tetap terjaga.

Untuk megurangi risiko kelelahan, carilah tempat menginap yang dekat dengan Ka’bah. Berjalan terlalu jauh dapat membuat ibu hamil kelelahan dan mungkin saja mengalami berbagai masalah seperti kontraksi yang tentunya jika dibiarkan dapat membahayakan bagi ibu dan janinnya.

Masalah konsumsi makanan sebaiknya juga diperhatikan. Ibu hamil lebih cepat dehidrasi, makanya disarankan untuk minum lebih banyak air putih. Selain itu, ibu hamil juga lebih sering buang air kecil, terutama yang kandungannya sudah sukup besar.

Untuk mencegah hal tersebut, usahakan untuk tidak meminum minuman yang memicu ibu hamil buang air kecil lebih sering seperti kopi, teh, dan minuman lainnya dengan efek sama. Untuk menjaga kenyamanan selama beribadah maupun saat di perjalanan, kenakanlah pakaian yang tidak ketat. Pakaian yang ketat dapat membuat pernafasan terganggu.

Disamping tips-tips di atas, salah satu hal beresiko untuk ibu hamil yang harus anda ketahui adalah saat di pesawat. Penerbangan yang memakan waktu cukup lama serta ketinggian yang terkadang membuat ibu hamil tidak nyaman merupakan salah satu alasan jika kesehatannya tidak memenuhi, maka sebaiknya jangan melakukan perjalanan udara.

Begitu juga dengan kita yang tinggal jauh dari Mekkah dan membutuhkan waktu berjam-jam di pesawat untuk menuju ke Tanah Suci. Biasanya untuk yang kehamilannya masih muda cenderung rentan untuk melakukan aktivitas berat.

Namun, jika memang dokter mengizinkan tidak masalah. Bahkan banyak yang umroh saat hamil 7 bulan namun tetap baik-baik saja. Kesimpulannya, tergantung dari kesehatan anda. Jika memang anda sedang hamil dan anda baik-baik saja jika melakukan perjalanan jauh dan melaksanakan umroh, maka anda bisa pergi umroh.

Bagaimanapun, niat terkadang muncul kapan saja. Apalagi umur juga tidak ada yang bisa memprediksi, Jika kita bisa melaksanakan umroh lebih cepat dan selagi kita mampu, kenapa tidak.

Itulah beberapa tips penting umroh saat hamil untuk ibu yang ingin melaksanakan umroh, pastikan juga gunakan travel umroh terbaik yang sesuai sunnah demi kenyamanan ibadah.

Disqus Comments